Senin, 23 Desember 2013

PULAU PANJANG, PULAU MENAWAN
Sebetulnya kami tidak sengaja berkunjung ke Jepara. Hari Minggu pagi, karena kurang kerjaan kami tiba-tiba ingin nglencer untuk menghilangkan segala kepenatan pekerjaan. Ide itu muncul begitu saja dan berakhir dengan keikutsertaan keluarga besar kami. 
Kami berangkat  dengan riang gembira. Dengan semangat browsing dan goggling akhirnya kami berbekal info serba sedikit tentang pulau di Bumi Kartini ini. 
Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Jepara, Jawa Tengah. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara. Dari Kota Blora Mustika tercinta ini kami melewati Kabupaten Rembang kemudian Kabupaten Pati barulah sampai ke Jepara. Sampailah kami di Pantai Kartini Jepara. Kami segera antri  berangkat dengan menumpang kapal perahu nelayan yang memang melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau kecil ini. Setiap kali penyeberangan wisatawan dikenai tarif Rp 13000 per orang. Cukup murah untuk biaya rasa penasaran kami.  Setelah perjalanan laut sekitar 15 menit dengan bumbu rasa khawatir akan musibah kapal tenggelam, kami sampai juga di pulau itu. Dari kejauhan sudah tampak daratan berwarna hitam kehijauan memanjang. Mungkin karena itulah pulau ini dinamai Pulau Panjang. Semakin dekat dengan lokasi, aku semakin penasaran akan sesuatu yang mungkin kutemui di pulau itu. Dasar pikiran orang kebanyakan nonton film misteri .. hehehe ..  
                                                                   
                                                   Naik kapal sambil mbayangin kapal pesiar ..

Eeng .. iing .. eeng ... amazing .. tak kusangka sama sekali ternyata pulau rimbun ini tak kalah dengan pemandangan pulau-pulau yang sering ada di televisi. pasir yang putih menyambut kami. Dengan nguwot jembatan kecil, kami bersemangat masuk ke daratan. Deg-degan juga sih. Mungkin karena suasana yang sepi membuatku punya pikiran yang bukan-bukan. Jangan-jangan ada setan yang mengikutiku. hehehe .. Anak-anak yang sejak datang sudah pingin cari kerang langsung berlarian menyusuri pantai pasir putih ini. Sayang sekali pantai pulau ini kurang dilirik pemda setempat. hanya ada toilet kecil yang memungkinkan pengunjung membasuh kaki. Dan hanya sebagian kecil pedagang berjualan sekedar makanan kecil dan es campur. Selebihnya  pulau ini terkesan hanya sebagai tempat anak muda berjalan-jalan dengan pacarnya.  

Jembatan yang bikin berpetualang makin asyik

embok-embok lagi narsis .. hehehe ..


Andin asyik main pasir


Ibu-ibu PKK terdampar di pulau rahasia .. hihi ..

Padahal kalau mau dikembangkan pulau ini sangat potensial sekali. Dengan modal pasir bersih, langit yang biru cerah dan hijaunya tanaman mangrove lengkap dengan terumbu karang, saya yakin pengunjung akan sangat puas menikmati pantai yang indah. Bukti kekayaan alam  negeri jamrud khatulistiwa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar