RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
NEGERI 6
BLORA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
A. Standar
Kompetensi : 7. Memahami
teks drama dan novel remaja
B.
Kompetensi Dasar : 7.1. Mengidentifikasi unsur intrinsik
teks drama
C. Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
D. Karakter siswa yang
diharapkan : Cermat, rajin
E. Materi
Pembelajaran : Unsur intrinsik teks drama
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pemodelan
2.
inkuiri
3.
Masyarakat Belajar
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
(10 menit)
Apersepsi:
a.
Perkenalan dan presensi
b.
Guru bertanya tentang drama yang pernah
ditonton siswa
c.
Siswa bertanya jawab tentang hal yang bisa
diteladani/pesan dalam drama yang ditonton siswa dan pesan dalam teks drama
yang dibaca siswa
d.
Guru memperlihatkan contoh teks drama. Siswa mengamati teks naskah drama
Motivasi:
e.
Guru memotivasi siswa tentang manfaat
menonton drama maupun membaca teks drama
f.
Guru menjelaskan topik dan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca teks naskah drama (10 menit)
b.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang unsur
intrinsik dalam teks naskah drama
c.
Siswa berkelompok @ 4 orang
d.
Siswa berdiskusi menentukan unsur –unsur intrinsik
cerita dalam teks naskah drama (15 menit)
e.
Perwakilan siswa melaporkan hasil diskusinya
di depan teman-temannya (10 menit). Kelompok lain memberi komentar.
f.
Siswa membaca teks naskah drama yang
lain (10 menit)
g.
Siswa secara
individu menentukan unsur–unsur intrinsik dalam teks
naskah drama (15
menit)
h.
Siswa mengumpulkan hasil tesnya. Siswa memajang hasil diskusi
i.
guru menguatkan hasil diskusi
kelas
3. Kegiatan
Akhir(10 menit)
a.
guru dan siswa menyimpulkan
b.
Siswa dan guru melakukan refleksi
H.
Sumber Belajar
Teks drama
Buku Bahasa dan sastra Indonesia kelas
VIII
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi : Mampu menentukan unsur intrinsik cerita drama
Teknik : Tes
tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Instrumen
Penilaian :
1.
Bacalah kutipan teks drama berikut ini dengan
cermat!
Juara Lancung?
Via
: (Mengepalkan tangan)
”Aku benar-benar tak percaya dengan hasil pembagian rapot kemarin. Masak aku
kalah oleh Ucok.”
Boncu : (Dengan mengangguk-anggukkan kepala)
”Benar Vi…. Ada yang tidak beres. Masak ia bisa juara I, mengalahkan kamu.”
Via : ”Siapa si Ucok. Cuma anak kampung, jarang
punya buku.”
Boncu : ”Betul.” (masih mengangguk-anggukkan kepala)
Via : ”Pasti
dia curang, suka menyontek.”
Dari luar masuk Ucok. Dia sekilas melihat Via dan Boncu
dan tersenyum.
Ucok : ”Halo teman-teman.”
Boncu : ”Halo
juara lancung.”
Ucok : ”Apa? Juara lancung? Apa maksudmu, Boncu?”
Via :
”Alah.. jangan berlagak belagu Cok. Kamu bisa juara satu paling dari menyontek.
Ngaku saja.”
Ucok : ”Jangan
menuduh sembarang Vi…. Apa buktinya.”
Via :
”Sudah jelas nilaimu lebih bagus dari aku.”
Boncu : ”Iya,
hei juara lancung!”
Ucok
: ”Asal kamu tahu. Aku
mendapatkan juara ini karena aku memang belajar tiap hari.”
Via :
”Jangan sok rajin kau!”
Boncu : ”Kamu
nantang ya?” (dengan suara keras)
Dari luar, masuk Pak Sam dengan wajah masam.
Pak Sam : ”Boncu, ada apa kamu berteriak?
Via
: ”Eh, maaf Pak tidak ada apa-apa.
Kami tadi cuma akting drama.”
Boncu : ”He
he… benar Pak.”
Pak Sam : ”Ucok,
benar begitu?”
Ucok : ”Salah Pak. Mereka menuduh saya
sebagai juara lancung.”
Pak Sam : ”Benar
Via?”
Via :
”Iya Pak….”
Pak Sam : ”Kamu
tidak boleh begitu Vi. Kamu harus belajar menerima kekalahan dan selalu terpacu
untuk lebih bagus.”
Via :
”Maaf Pak.”
Pak Sam : ”Kamu
itu sebenarnya pintar, tapi kamu juga harus belajar menyayangi temantemanmu.”
Via :
”Iya Pak.”
Pak Sam : ”Sekarang kalian bertiga ikut bapak ke ruang
guru.”
Via dan Boncu : ”Ha? Ruang guru….” (sambil muka mereka
merah ketakutan).
1. Tentukan unsur-unsur intrinsik drama tersebut!
2. Tuliskan bukti
pendukung unsur-unsur intrinsik tersebut!
Rubrik penilaian
soal no 2:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penskoran
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penentuan tema
|
|||
2.
|
Penentuan latar
|
|||
3.
|
Penentuan penokohan
|
|||
4
|
Penentuan alur
|
|||
5
|
Penentuan amanat
|
|||
Jumlah skor maksimum
|
15
|
Keterangan:
3 = jelas/tepat/kuat 2 = kurang
jelas/kurang tepat/kurang 1 = tidak
jelas/tidak tepat/tidak
Penghitungan nilai akhir
Skor yang diperoleh
|
||||
Nilai =
|
-----------------------------
|
X
|
100
|
= . . .
|
Skor Maksimum
|
Mengetahui, Blora, Agustus
2013
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
H. SUPARNO,S. Pd., M. Hum. RIRIN HERNI W, S.Pd
NIP 19620712 198403 1 012 NIP 19770122 200003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar